Sabtu, 16 Oktober 2010

Serabi Semarang





Seperti biasa kalau ada di rumah, aku mencari-cari bahan apa yg ada di kulkas untuk dijadikan kudapan. Woo..aku menemukan, kinco ½ botol aqua, saus dari gula merah ini sisa waktu aku menyiapkan ketan kinco untuk saudara2 di arisan minggu lalu. Wah buat makanan apa nih yang salah satu bahannya kinco. Terkelebat di pikiran beberapa kudapan dari es dawet sampe bubur sumsum. Ingat ketan kinco kemarin..ingat salah satu jajanan di Semarang, yang biasa dijajakan berkeliling di sore hari oleh mbok2 yang biasanya dari daerah Sendang Guwo Semarang. Ah apa lagi kalau bukan serabi dengan ukuran kecil2 yang diguyur santan dan kinco..ehmm, gurihnya. Di Semarang rasanya juga sudah jarang penjual makanan ini.

Agak beda dengan serabi Bandung, yang ukurannya besar2 , biasanya terbuat dari terigu & diwarnai hijau, serabi Semarang ukurannya lebih kecil, tanpa diwarnai terbuat dari tepung beras . Kalau biasanya kuah serabi Bandung dari santan dimasak bersama dengan gula merah; serabi Semarang santan dan gulanya (kinco) dipisah . Sehingga kadar kemanisan bisa disesuaikan dengan selera; terutama untuk penderita diabetes; kalau mau pakai kinconya sedikit juga bisa. Oleh sebab itu di resep ini sengaja aku buat adonan serabinya diberi gula sedikit untuk memberi rasa manis; yg dapat dimakan hanya dengan santan tanpa kinco (saus gula merah).

Nah iseng aku buat untuk kudapan sebagai teman 'ngeteh'; dan ini resepnya ala Kembang mangkok :


Bahan : Serabi

Tepung beras 175 gr
Tepung terigu 150 gr
Gula pasir 50 gr
Garam 1 sd teh
Santan 500 ml
Baking powder 2 sd teh
Fermipan, 1/2 sd teh
Telur 2 butir

Cara membuat :
1. Campur semua bahan, encerkan dengan santan perlahan-lahan aduk dengan mixer supaya rata. Diamkan 20 menit, supaya adonan mengembang
2. Panaskan cetakan serabi; oleskan sedikit minyak dengan kuas; tuang adonan, tutup dgn tutup cetakan/tutup panci.
3. Ketika adonan sudah berpori, buka tutup cetakan dan angkat serabi nyg telah matang.
4. Ulangi sampai adonan habis

Kuah Santan:
Santan kental
Garam
Daun pandan

Masak santan , tambahkan garam dan daun pandan ,aduk sampai mendidih (diaduk terus supaya tidak pecah)

Kinco (saus gula merah) :
Gula jawa 250 gr
Air 250 ml
Sedikit jahe di memarkan
Pandan

Masak gula merah, air , sedikit jahe dan pandan sampai mendidih. Angkat dan dinginkan.

Sajikan serabi, guyur dengan santan dan tambahkan kinco (saus gula merah).

Tidak ada komentar: